Terapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Program Keahlian TPTU (Teknik Pendinginan dan Tata Udara) SMK CoE-PK Muhamadiyah 1 Gresik Laksanakan Praktik Lapangan di Proyek Senilai 500 Juta dengan CV Ramuna Gresik

Kremus Media

Kremus_Media. Project based learning (PjBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan.

MOU/ Kerja Sama antara Kompetensi Keahlian TPTU dan CV. Ramuna Gresik

CV. Ramuna Gresik adalah Devisi Electrical yang bertempat di Desa Raci Tengah Kecamatan Sidayu 61177 Kabupaten Gresik, Jawa Timur Indonesia. Cv. Ramuna Gresik yang saat ini sudah menjalin MOU bersama BKK SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik menunjuk Kompetensi Keahlian TPTU (Teknik Pendinginan dan Tata Udara) untuk melaksanakan PjBL dalam Proyek pemasangan AC sebanyak 3 lantai di sebuah pembangunan Kantor Pusat Salah satu bank syariah di wilayah Sidayu.

Baca Juga :   PEDULI WABAH CORONA, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BAGIKAN 1000 MASKER GRATIS DI HARI MILADNYA

Kakomli Kompetensi Keahlian TPTU SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik Bapak Mochammad Afrizal Fariz S.T menerjunkan beberapa siswa kelas XI TPTU untuk ikut dalam proyek pemasangan AC tersebut, setelah kurang lebih 1 bulan yaitu mulai pada tanggal 4 Oktober hingga sampai akhir tahun Siswa Jurusan TPTU tersebut sudah memasang dua jenis AC yaitu jenis Cassate dan Split di dua lantai, yang nantinya akan di lanjutkan ke lantai tiga, “Pembelajaran dengan menerapkan PjBL ini dilaksanakan agar mampu untuk mendorong menerapkan pengetahuan dan keterampilan siswa, jadi siswa juga bisa menambah materi dan wawasan selama melaksanakan PjBL bersama CV. Ramuna Gresik ini” ujar Bapak Mochammad Afrizal Fariz S.T Selaku Kakomli Kompetensi Keahlian TPTU.

Proses Project based learning (PjBL) yang di naungi oleh CV. Ramuna Gresik

CV. Ramuna Gresik memilih SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik dikarenakan melihat potensi yang di miliki Siswa khususnya Program Keahlian TPTU sudah sangat mumpuni, jadi mereka memberi naungan untuk melaksanakan Program PjBL bersama Perusahaan nya, “Siswa SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik ini  sangat aktif dan sudah punya wawasan dan keahlian yang cukup dan 100% Pemasangan AC yang dilakukan tersebut Murni dari Siswa TPTU, selain ikut membantu dalam pemasangan AC, CV. Ramuna Gresik juga menerapkan PjBL guna mempersiapkan anak Kelas XI yang akan melaksanakan Program PKL di awal Januari 2022” ujar Bapak Hazimin S.T Selaku Pemilik CV. Ramuna Gresik

Baca Juga :   MPLS SMK Muhammadiyah 1 Gresik 2019

Setelah Selesai melaksanakan Project Based Learning (PjBL) bersama CV. Ramuna Gresik, nantinya Kompetensi Keahlian TPTU sudah terjadwal untuk melaksanakan sebuah Proyek Besar di Kawasan Industri Gresik.

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami