Ada Apa di Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI)? Yuk simak.

Kremus Media

Kremus.Media. Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) adalah salah satu Jurusan yang ada di SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik. TEI (Teknik Elektronika Industri) merupakan jurusan yang ke tiga, lahir setelah jurusan TAV (Teknik Audio Video) di SMK Muhammadiyah 1 Gresik ini. Jadi jurusan TEI ini pemecahan dari jurusan TAV. Bisa dibilang jurusan TEI di SMK MUTU ini banyak peminatnya.

Kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) berada dalam program studi keahlian Teknik Elektronika bidang studi Teknologi dan Rekayasa. Kompetensi ini membekali siswa agar mempunyai kemampuan/ keterampilan dalam bidang system control dan maintenance peralatan industri berbasis “electrical control” dan “microprocessor”.

Kompetensi Jurusan TEI meliputi pengetahuan dan keterampilan Listrik dan Elektronika umum, Mikrokontroller dan Mikroprocessor, Pneumatic dan PLC, serta Programming berbasis komputer yang berkaitan dengan proses produksi di Industri.

Perkembangan Teknologi sangat pesat terutama dalam bidang robotika. Jurusan TEI mempelajari tentang komponen listrik serta berbagai peralatan semi konduktor. Tidak hanya itu, di Program Keahlian TEI juga mempelajari listrik arus lemah dan listrik arus kuat. Jurusan/Program TEI mempelajari, mendesain, dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics), dan electromagnetism.

Di Jurusan TEI ini mempelajari Sistem Otomatis, pada sistem kelistrikan ada Microkontroller, PLC, Sistem Jaringan (Jaringan Internet), Instalasi jaringan untuk lokal area Network, Listrik Industri dimana mempelajari tentang instalasi listrik rumah, instalasi listrik publik secara konvensional, dan motor-motor listrik.

Project TEI di SMK Muhammadiyah 1 Gresik meliputi:

  1. -Smart Hand Wash (sabun cuci tangan) yang dilombakan pada suatu acara
  2. -Saklar Otomatis (menyalakan lampu rumah dengan HP berbasis Arduino)
  3. -Pendeteksi Banjir yang pernah dilombakan dan mendapat juara 1 di acara Inovasi Gresik
  4. -Palang Pintu Rel Kereta Api

Proyek yang dijalankan saat ini oleh siswa Program keahlian TEI (Teknik Elektronika Industri) adalah membuat lampu otomatis yang apabila tidak ada orang, menyala redup dan ketika ada orang, menyala terang, dengan menggunakan sistem solar sel. Dan juga Proyek yang dijalankan oleh siswa Jurusan TEI yaitu penambahan Hand Wash yang awalnya dengan listrik biasa, sekarang ditambahi dengan solar sel sehingga nanti tidak pakai listrik aktif dari PLN.

UPJ (Unit Pelayanan Jasa) yang ada di Jurusan TEI:

1. Instalasi Listrik

2. Pemesanan alat otomatis dari rumah ataupun industri

3. Peralatan listrik yang menggunakan motor-motor listrik seperti kipas angin, mesin cuci

4. Pemasangan jaringan (Instalasi internet)

5. Panggilan bila ada kerusakan atau konsleting listrik di rumah-rumah.

Ada yang menarik lagi di Program Keahlian TEI yaitu ada Program Khusus yang bernama “Elinday” dengan tujuan untuk mempercepat materi pembelajaran yang sudah diajarkan atau memperdalam materi, membuat rancangan alat otomatis, kemudian yang ketiga yaitu hasil akhir alat otomatis itu harus sudah jadi. Untuk materi dalam Program tersebut sama dengan materi sekolah biasa (reguler). Program Elinday ini dilaksanakan setiap hari minggu.

Lulusan dari TEI SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik ini ada yang kuliah dan juga ada yang bekerja, pada lulusan tahun ini sekitar 25 anak berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Sedangkan yang bekerja diterima di PT. Panca Pilar Hutama sebanyak 16 siswa dan siswa lainnya juga sudah diterima kerja di Perusahan-perusahan yang lain.

Mau belajar lebih dalam tentang Teknik Elektronika Industri (TEI)? Yukk sekolah di SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

Spread the love
butuh Informasi? Chat kami