Apa sih Jurusan TAV? Yuk Simak Penjelasannya!

Kremus Media

Kremus_Media. Teknik Audio Video (TAV) merupakan salah satu dari 6 jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Gresik.

Kegiatan Podcast yang bertempat di MUTU Audio Video Production Video

TAV merupakan salah satu jurusan yang berdiri pada tahun 1995 yakni sejak awal SMK Muhammadiyah 1 Gresik didirikan, pada masa itu hanya terdapat 2 kompetensi keahlian yakni TAV (Teknik Audio Video) dan TKRO (Teknik Kendaraan ringan Otomotif), meskipun sudah cukup lama, bisa dikatakan jurusan TAV tersebut kategori tua, tetapi dalam hal materi pembelajaran selalu mendapat upgrade setiap ada teknologi terbaru yakni selalu mengikuti perkembangan zaman hingga saat ini. Sangat menarik bukan!!.

Materi yang dipelajari di Teknik Audio Video sebagai pondasi awal adalah Teknik elektronika Dasar antara lain meliputi rangkaian elektronika dasar jenis-jenis komponen elektronika beserta fungsinya dimana komptensi tersebut wajib dikuasai oleh siswa-siswi.

Sedangkan untuk materi lanjutan antara lain ada Instalasi Audio Video seperti halnya meliputi Soundsystem, Home Teater, Audio mobil, cctv dan lain-lain. kemudian ada lagi Pemrogramman, dasar robotika , reparasi Alat-alat elektronika bahkan hingga proses produksi sekalipun dilakukan.

Di jurusan TAV mempelajari elektronika dari analog sampai digital,mulai dari yang paling sederhana sampai yang canggih sekalipun dengan pemrograman komputer menggunakan software-software tertentu.

Tidak hanya itu saja, seiring perkembangan zaman di Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Gresik juga berkonsentrasi pada bidang multimedia yaitu seperti fotografi dan videografi yang dilakukan mulai dari proses development, pra produksi, produksi, pasca produksi , hingga distribusi. Dahulu Teknik Audio Video (TAV) fokus perbaikan perangkat elektronik sekarang berubah sesuai dengan perkembangan dunia media. TAV berkolaborasi dengan multimedia dengan cakupan yang luas sehingga lulusan lebih mudah terserap di dunia kerja.

Dalam rana Audio juga demikian mulai dari proses recording, mixing, mastering di pelajari dengan cukup detail di lakukan secara tepat agar mendapatkan hasil kualitas audio maupun visual yang baik sehingga bisa dinikmati oleh penonton. Teknik Audio Video mempersiapkan lulusan yang kreatif dan produktif guna memasuki dunia industri ataupun dunia usaha.

Di program keahlian TAV ini ada beberapa mata pelajaran Produktif di antaranya yaitu, Dasar Listrik Elektronika (DLE), Kerja Bengkel Gambar Teknik (KBGT), Teknik pengolahan Audio Video (TPAV), Penerapan Rangkaian Elektronika (PRE), Penerapan Sistem Radio dan Televisi (PSRT), Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT), Mikroprosessor dan Mikrokontroller (MM), Produk kreative dan Kewirausahaan (PKK).

Ada yang lebih menarik lagi, di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV) SMK Muhammadiyah 1 Gresik terdapat UPJ TAV (Unit Pelayanan Jasa TAV). UPJ TAV meliputi:

1. Service perangkat elektronik
2. Persewaan sound sytem
3. Video shooting
4. Fotografi & Videografi
5. Pemasangan cctv
6. Perakitan speaker aktif, dan lain sebagainya

Kegiatan UPJ TAV pemasangan speaker di SMP 13 Panceng (HAMAS School)

Sudah tau kan Program Keahlian TAV itu bagaimana, Mau belajar lebih dalam tentang Teknik Audio Video? Jangan diragukan lagi dehh, Yukk bergabung di SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami