Cetak Siswa Siap Kerja, SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik adakan guru tamu dari PT Swabina Gatra dan PT. Surapita Unitrans

Kremus Media

SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik mendapatkan program dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi itu yang terkait dengan SMK Pusat Keunggulan. Tujuan dari SMK Pusat Keunggulan itu adalah untuk menghasilkan lulusan yang terserap kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan Pendidikan Vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja, serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. SMK Pusat Keunggulan mengadakan workshop yang tekait dengan pelaksanaan, perencanaan, dan penilaian praktek kerja lapangan. Serta memahami atas pentingnya praktik Program Kerja Lapangan yang harus dilakukan oleh peserta didik dan harus ada yang difahami oleh Bapak/Ibu PTK berkenaan dengan kewajiban tugas dan konsep tentang dunia Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Sabtu, 11/09/2021, telah mengadakan workshop guru tamu Industri, Dunia Usaha, Dunia Industri (IDUKA) bersama PT. Swabina Gatra dan PT. Surapita Unitrans. Wakil Kepala Sekolah bidang Humas IDUKA Bapak Eko Prasetyo Hidayat S.Pd, mengatakan bahwa harapannya agar siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik mengetahui akan pentingnya program PKL itu tidak sekedar untuk melaksanakan kewajiban tugas PKL tetapi program PKL itu menjadi wahana atau sarana untuk menjadi etalase atau marketing diri bagi peserta didik. “Supaya faham bahwa di PKL itu tidak mulai dari proses belajar bekerja tetapi bagaimana program PKL itu sudah menjadi ajang promosi dirinya sendiri dan juga lembaga untuk bagaimana bisa memberikan kesan positif kepada industri” Ujarnya.

Kegiatan tersebut dimulai dari setting goal yang menjadi tujuan awal magang, kalau sekolah umum tujuannya untuk belajar, tapi kalau COE direkomendasikan adalah PKL, PKL itu adalah ajang uji coba siswa itu siap kerja atau belum sekaligus promosi baik itu internal dirinya sendiri maupun sekolahnya. “Saya harap siapapun yang magang di perusahaan itu mindsetnya menjadi pembantu perusahaan bukan mengganggu perusahaan”, ungkap Kepala pengembangan PT. Swabina Gatra Bapak Wiwit Setiawan.

Bapak Ongki Sanusa dari PT. Surapita Unitrans Kawasaki mengatakan bahwa melalui workshop ini diharapkan guru bisa memberikan wawasan tentang dunia industri terhadap siswa sehingga siswa tidak merasa tangan kosong dan juga mempunyai bekal untuk menghadapi dunia industri dan siap untuk mengikuti dunia industri. “Sangat bagus, karena sekolah itu bisa memahami industri itu seperti apa, jadi semua siswa yang diberangkatkan untuk PKL dia akan siap membantu, untuk yang namanya dunia industri itu seperti apa”, Jelasnya.

Kepala Sekolah SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik Bapak Mukromin Latief, S.Pd menuturkan bahwa kegiatan yang sudah berjalan ini diharapkan dapat berimbas pada PTK dan juga peserta didik yang akan melakukan program pendidikan praktik kerja lapangan sudah mempunyai bekal terkait dengan hard skill dan soft skill. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Swabina Gatra dan PT. Surapita Unitrans sebagai guru tamu di SMK Muhammadiyah 1 Gresik ini semoga kedepannya setelah diadakan workshop ini kami bisa mencetak siswa siap kerja dengan industri, Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ungkapnya.

55

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami