Deklarasi Sekolah Anti Perundungan oleh 30 Agen Perubahan Program Roots SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik untuk Cegah Bullying dan Perundungan di-Sekolah

Kremus Media

Kremus_Media. Program Roots merupakan program global pencegahan kekerasan di kalangan teman sebaya, yang berfokus pada upaya membangun iklim yang aman di sekolah. Program ini dijalankan dengan mengaktivasi peran siswa sebagai Agen Berpengaruh atau Agen Perubahan.

Kamis, (18 November 2021) bertepatan dengan Perayaan Milad Muhammadiyah ke-109, Tim 30 Agen Perubahan SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik laksanakan Deklarasi Sekolah Anti Perundungan, sebelunya 30 Agen Perubahan SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik telah melaksanakan Bimbingan Teknis ( BINTEK) program roots selama 15 Hari untuk diberikan materi-materi mengenai cara mengatasi Perundungan dan Bullying diSekolah.

Agen Perubahan adalah 30 orang siswa paling berpengaruh yang dipilih oleh siswa-siswi lain berdasarkan teori jejaring sosial. Untuk menentukan siswa yang paling berpengaruh, fasilitator guru akan meminta seluruh siswa di sekolah (pada setiap angkatan) untuk menominasikan 10 siswa di angkatan mereka yang menghabiskan waktu paling sering dengan mereka, baik di dalam maupun di luar sekolah, secara tatap muka maupun daring. Siswa yang terpilih sebagai agen perubahan dalam Program Roots akan memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Menyebarkan perilaku positif kepada siswa lainnya untuk menciptakan iklim positif di sekolah
  2. Mengambil pembelajaran yang didapat dari pertemuan mingguan Roots untuk mengidentifikasi permasalahan yang timbul antar siswa
  3. Mengembangkan kemampuan menemukan solusi, termasuk kemampuan untuk menghentikan perilaku perundungan dengan menjadi positive bystander.

Program Roots tersebut mendapat dukungan dari Seluruh PTK SMK MUTU, “Setelah diadakannya program roots ini para siswa siswi selalu melakukan hal hal yang positif tidak ada lagi yang saling membully satu sama lain” Ujar Bapak Mukromin Latif S.pd selaku Kepala Sekolah SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh Agen perubahan SMK PK-COE Muhammadiyah 1 Gresik telah antusias membatu program roots ini, Tujuannya program roots ini untuk menciptakan agen perubahan. Dimana agen perubahan itu merupakan siswa-siswi yang memiliki pengaruh bagi teman sebaya untuk memberikan contoh agar berperilaku baik, dan menebarkan kebaikan, “terang Ibu Ernawati selaku Pembina Program Roots SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami