Implementasi Link & Match, Kunjungan Industri Serta Transfer Knowledge Budaya Perusahaan bagi PTK SMK Muhammadiyah 1 Gresik di PT. Swabina Gatra

Kremus Media

Link and match diterjemahkan menjadi keterkaitan dan kesepadanan. Jika dikaitkan dengan wawasan masa depan maka link and match mengandung pemikiran bahwa produk pendidikan yang kita peroleh saat ini adalah produk pendidikan masa lalu, dan proses pendidikan yang kita lakukan sekarang ini adalah untuk masa depan. Hal ini berarti program pendidikan pada  SMK yang berproses selama tiga tahun, disiapkan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan tiga tahun mendatang, dan memiliki bekal dasar untuk pengembangan diri di masa depan. Disamping itu perlu diingat bahwa dunia kerja yang menjadi lapangan hidup lulusan SMK adalah dunia ekonomi, dunia yang mengandung fenomena persaingan dan kerjasama, sekaligus dunia yang cepat mengalami perubahan.

Sabtu, (8 Januari 2021) Seluruh PTK dan Staff SMK Muhammadiyah 1 Gresik melaksanakan Implementasi Link & Match dengan Kegiatan Kunjungan Industri sekaligus Transfer Knowledge Budaya Perusahaan di PT. Swabina Gatra Gresik, acara tersebut di hadiri Bapak Wiwit Setiawan sebagai Pemberi Materi, ” Kegiatan Hari ini yaitu Implementasi Link & Match, Kunjungan Industri Serta Transfer Knowledge Budaya Perusahaan bagi PTK SMK Muhammadiyah 1 Gresik, jadi disini kita Sharing-sharing Mengenai penyelarasan kurikulum sebagai wujud komitmen untuk melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan. Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 165/M/2021 tentang program sekolah menengah kejuruan Pusat Keunggulan bahwa SMK Pusat Keunggulan melaksanakan kemitraan Link and Match secara menyeluruh sesuai kesepakatan dengan dunia kerja” Ujarnya.

“Harus ada perubahan pada konsep  kerjasama  SMK  dengan industri terutama pada kurikulumnya, sehingga ada win-win solution dimana SDM yang dibutuhkan DUDIKA dan yang di sediakan sekolah “match”, oleh karena itu diadakan Workshop Link and Supermatch”, tambahnya.

Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi agenda Kunjungan Industri bagi PTK dan Staff SMK Muhammadiyah 1 Gresik, dengan di adakan kegiatan Kunjungan Industri diharapkan agar SMK Mutu juga dapat mencontoh Fasilitas serta Ketentuan-ketentuan yang ada di suatu perusahaan atau industri, “alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan semoga seluruh PTK SMK mutu bisa menyerap Ilmu yang di dapat serta mewujudkan nya di Sekolah agar SMK MUTU bisa berkembang maju,” Ucap Bapak Mukromin Latief S.Pd Selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Gresik.

Spread the love

Tinggalkan komentar

butuh Informasi? Chat kami