Home / Teknologi

Selasa, 28 Juli 2020 - 15:02 WIB

INOVASI BARU, SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK CIPTAKAN ALAT “SECURITY MOTOR CYCLE BERBASIS SMARTPHONE ANDROID”

 

Gresik – Siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik membuat suatu inovasi yang digunakan untuk menggantikan fungsi kunci sepeda motor dengan menggunakan smartphone. Dua orang pelajar Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI), Ahmad Afis Khoirul Imtiaz dan Muhammad Yusman Zubairi berhasil menciptakan penemuan alat kunci otomatis sepeda motor menggunakan smrtphone.  Alat tersebut dibuat kurang lebih 1 bulan dan menghabiskan dana sekitar 250.000  yang awalnya sengaja diperuntukan untuk sistem security atau pengaman di sepeda motor.

“dengan alat ini kita bisa menghidupkan dan menstarter motor menggunakan smartphone android dengan jarak maksimal 10M dari motor” ujarnya.

Meskipun siswa ini tidak memiliki pengetahuan luas dalam bidang otomotif, Afis dan Eri akhirnya berdiskusi untuk membuat alat  security dan juga starter motor, dengan bimbingan guru mereka Ummu Habibah. Hingga akhirnya, mereka bisa membuat suatu alat security dan starter motor dengan smartphone berbasis bluetooth.

“selama ini kan orang-orang sering lupa menaruh letak kunci motornya, jadi dengan alat ini lebih mempermudah karena kita pasti selalu membawa smartphone kemanapun, Jadi kita berinisiatif membuat alat starter motor dengan smartphone”katanya.

Alat yang berukuran 15×7 cm dengan berat kurang lebih 500-an gram ini, memiliki 1 buah receiver bluetooth dengan nama komponen HC-05, dan menggunakan arduino nano sebagai pemroses data yang diterima dari receiver bluetooth yang setelah itu akan mengaktifkan 2 buah relay untuk menyalakan motor.

 

“Untuk aplikasi nya pun kita membuat sendiri, Dengan adanya  alat tersebut, kita tidak perlu lagi menggunakan kunci motor , cukup dengan sebuah smartphone. Meski demikian, saya akan terus mengembangkan desain alat tersebut”, tambahnya.

Ummu Habibah, S.T menjelaskan jika tidak hanya itu, mereka tidak hanya berpuas diri hanya dengan menciptakan alat tersebut. Mereka akan terus berusaha menciptakan inovasi terbaru untuk mempermudah masyarakat dan mensosialisasikan bahwa smartphone bukan hanya untuk main game, tetapi banyak sekali manfaatnya “Harapannya alat ini nantinya bisa diproduksi massal dengan harga yang lebih terjangkau dan semoga alat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya.

 

 

Share :

Baca Juga

Pendidikan

SMK Mutu Bungah Dapat Giliran Pertama Kawasaki Goes to School

Kesiswaan

Kelas KGTS SMK MUTU

Pendidikan

DIRIKAN CV MUTU AUDIO, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANJIR JOB

Kesiswaan

SMK Mutu Tampil Eksis Dalam Expo Education di Icon Mall

Pendidikan

Test Ride Kawasaki Goes to School SMK Muhammadiyah 1 Gresik

Pendidikan

SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK KOMPETENSI KEAHLIAN TPTU, LAKSANAKAN STUDY EKSKRUSI DENGAN CV RAMUNA

Kesiswaan

PELAKSANAAN PAT DI TENGAH PANDEMI, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK GELAR UJIAN ONLINE

Pendidikan

Kawasaki Goes To School Akhirnya Diresmikan