Kembangkan bakat menulis, Tim KreMus Media SMK Muhammadiyah 1 Gresik Ikuti Pelatihan Menulis Kreatif Jurnalistik Digital

Kremus Media

Kremus_media. Bungah, Gresik, Jawa Timur. Untuk meningkatkan pemahaman tentang dunia penulisan berita, tim Kremus media SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik mengikuti Pelatihan Workshop bertemakan “Menulis Kreatif Jurnalistik Digital” bersama wartawan senior Digital Manager Harian Surya Bapak Adrianus Adhi Nugroho. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (30/9/2021) yang bertempat di Area Atriump Maspion IT yang dimulai Pukul 10.15 WIB-Selesai.

Pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh MKK SMK Negri/Swasta Jawa Timur yang terdiri dari 1 Guru dan 2 Siswa. Acara dibuka secara resmi oleh Ir. Okky Trihutomo, M.IT selaku Direktur Masion IT. Acara yang bertujuan untuk membentuk para penulis sekolah supaya dapat memberikan kontribusi dalam pemberitaan tentang berbagai kegiatan baik itu sekolah maupun diluar sekolah.

Bapak Adrianus Adhi Nugroho tampil sebagai narasumber dalam pemaparan materinya disampaikan kaidah-kaidah tentang jurnalistik dan teknik-teknik penuliusan berita. ” Salah satu aspek keterampilan dalam penulisan berita seorang jurnalis harus memahami tentang 5W+1H, juga harus gemar membaca karena dengan gemar membaca akan membuat seorang jurnalis memiliki banyak kosakata yang nantinya akan bisa disampaikan dalam tulisan” ujarnya.

Untuk memahami materi yang disampaikan, ditengah-tengah acara seluruh peserta diminta untuk membuat tulisan berupa caption dan pengambilan objek gambar dengan topik kegiatan yang mereka ikuti. Kegiatan ini ternyata mendapat respon yang baik dari seluruh peserta, dimana mereka mampu membuat tulisan sesuai waktu yang diberikan.

Adrianus menambahkan, belajar jurnalistik ini untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang menulis. Karena tidak menutup kemungkinan ke depan mereka bisa menjadi penulis terkait jurusan masing-masing.

“Misal mereka yang jurusan Teknik Kendaraan Ringan, bisa mereka jadi penulis buku tentang dunia otomotif,” tambahnya.

Sebagai pematerinya, Bapak Adrianus Adhi Nugroho dari harian surya menyatakan, menulis merupakan salah satu budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Ribuan karya tulis buah pikiran para pujangga Nusantara masih tersimpan hingga saat ini di Museum Leiden, Belanda. Hal itu menunjukkan bahwa karya tulis nenek moyang bangsa Indonesia diakui memiliki nilai seni tinggi. “Setiap orang tentu memiliki bakat menulis, hanya perlu diasah dan dikembangkan. Termasuk para pelajar, seperti siswa di sini,” tandasnya.

Dalam pelatihan tersebut para siswa ditekankan bahwa belajar jurnalistik tidak melatih seseorang untuk menjadi wartawan. Namun belajar bagaimana mengungkapkan ide, gagasan, perasaan, atau karya sastra dalam bentuk tulisan atau karya tulis. Salah satu peserta pelatihan, Akmalul Kholizin dari kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan mengaku senang dengan pelatihan ini. Dia antusias mengikutinya dan aktif bertanya. “Kegiatan ini positif bagi siswa dan guru, semoga Maspion IT bisa pelatihan lanjutan,” harapnya.

Harapan dari guru pendamping setelah mengikuti Pelatihan ini, semoga bisa membantu terutama dalam kegiatan jurnalis untuk media sekolah. Sehingga ke depannya media sekolah dapat berkembang dan dapat menjadi sarana promosi sekolah apalagi saat ini sedang berjalan Penerimaan Peserta Didik Baru.

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami