Home / Kesiswaan / Ketarunaan

Senin, 7 Oktober 2019 - 05:23 WIB

Latdastar (Latihan Dasar Ketarunaan) Ampuh Membentuk Karakter Siswa SMK MUTU Gresik

Latihan dasar ketarunaan untuk membentuk mental dan karakter siswa kini hadir di SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Sekitar 42 taruna dan taruni Satya kader SMK Mutu Gresik dilantik pada Minggu, 06/10/2019 di lapangan SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Momen membanggakan ini turut melibatkan orang tua dari taruna dan taruni Satya SMK Mutu Gresik.


Peristiwa bersejarah ini begitu mengharukan. Para orang tua menyaksikan secara langsung putra putrinya dilantik sebagai anggota taruna sekolah.

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tanggung jawab sudah dibebankan kepada kalian. Perlunya pengaplikasian yang diperoleh dari kegiatan latihan dasar ketarunaan selama 5 hari ini harus diterapkan dengan baik. Selain kepada orangtua di rumah, patuh pada perintah juga diaplikasikan kepada bapak ibu guru di sekolah,” tegas M. Dliwaul Umam, S.Pd selaku pembina upacara pelantikan.

Saat prosesi pelantikan, seluruh taruna dan taruni berucap ikrar setianya. Kemudian, perwakilan taruna dan taruni melaksanakan prosesi siraman serta pelepasan pita dan pemasangan topi baret. Disusul prosesi pembaretan kepada seluruh anggota taruna dan taruni oleh orang tuanya sendiri. Saat itulah, suasana menjadi pecah. Tangisan haru dari orang tua melihat putra putrinya menjadi kebanggaan sekolah.

Baca Juga :   LEBARKAN SAYAP, TAV MUTU AUDIO IKUT BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN FORTASI DARING SEKOLAH


Latihan dasar ketarunaan (Latdastar) ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan SMK Mutu Gresik. Selama lima hari, terhitung dari tanggal 2 – 6 Oktober 2019, para kader taruna dan taruni digembleng fisik dan mental. Kali ini SMK Mutu Gresik menggandeng SMK Manbaul Ulum Kebomas untuk melatih para taruna dan taruni. Ketarunaan ini akan membentuk karakter disiplin serta tanggung jawab dalam mengemban tugas sebagai taruna sekolah.
Lokasi latihan dasar ketarunaan selama lima hari ini, bertempat di sekolah. Dalam latihan ini, apel pagi dan sore menjadi kegiatan rutin. Dalam kegiatan ini pula, para taruna dan taruni dilatih PBB (Peraturan Baris Berbaris), ditanamkan sikap disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu, mereka juga mendapatkan bintal, penguatan JASTAR (Jasmani Taruna) kegiatan religi, peduli kebersihan lingkungan sekolah serta HR (Halang Rintang) untuk penguatan fisik.

“Selama 5 hari, saya sebagai taruni Satya merasa sangat beruntung. Saya dikenalkan sistem ketarunaan, dilatih tata cara upacara yang baik dan benar. Bahkan sampai hal kecil, seperti diajarkan tata cara makan sesuai aturan ketarunaan. Selain itu, kami dilatih kekuatan fisik mulai dari otot kaki, otot perut, otot lengan yang ada pada tubuh kami” ungkap Fatin.

Latdastar ini nantinya akan berlanjut untuk seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik sebagai langkah pembentukan karakter siswa. (Novita)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)

Ismuba

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK KUMANDANGKAN DAKWAH DIGITAL UNTUK KAUM MILENIAL

Ismuba

KAJIAN ISLAMI RAMADHAN TETAP INDAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK DALAM PANDEMI COVID-19

Kesiswaan

Semarakkan HUT RI Ke-74, SMK MUTU Ikuti Jalan Sehat

Kesiswaan

KUMPULKAN DONASI, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK SEMANGAT BERJUALAN BAJU BEKAS LAYAK PAKAI

Kesiswaan

Kelas KGTS SMK MUTU

Kesiswaan

Siswa SMK Mutu Jemput Bola Servis Jasa Layani Pelanggan

Kesiswaan

Semarakkan Pasar Rakyat UMKM, SMK Muhamadiyah 1 Gresik Tampilkan Permainan Baru