Memperingati Hari Pahlawan, SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik Adakan Best Costume

Kremus Media

Tanggal 10 November adalah hari peringatan perjuangan pahlawan Indonesia dalam peperangan 10 November di Surabaya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1945, tiga bulan pasca kemerdekaan Indonesia. Peristiwa di Surabaya ini merupakan pertempuran besar antara tentara Indonesia melawan pasukan tentara Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia melawan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan di Indonesia ini serupa dengan parade Hari Anzac di Australia. Dilansir sea.museum, Hari Anzac Australia ditandai dengan libur nasional dan para veteran yang masih hidup dan keluarga tentara yang gugur berbaris dalam parade di seluruh negeri.

Para pemenang lomba hari pahlawan

SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik ikut serta memperingati hari pahlawan untung mengenang jasa jasa pahlawan yang telah gugur,dengan memeriahkannya para warga sekolah SMK Coe-PK Muhammadiyah 1 Gresik antusias ikut berpartisipasi dengan memakai baju² pahlawan seperti contoh siswi perempuan memakai baju kebaya yang sebagai mengenang jasa RA.Kartini

Dalam runtutan acara memperingati hari pahlawan ini semua siswa siswi berkumpul di lapangan untuk melakukan kegian rutin setiap harinya yaitu literasi pagi, selanjutnya disambung dengan menceritakan sejarah sejarah 10 November yang dipandu oleh Bapak Eko Prasetyo Hidayat, S.Pd, Gr beliau menyampaikan pentingnya menumbuhkan kesadaran kolektif tentang kepahlawanan.

“Nilai-nilai kepahlawanan harus terus kita jaga dan dipelajari. Hal ini penting supaya Hari Pahlawan ini tidak hanya sebagai ajang seremonial, melainkan juga momentum mengimplementasikan perjuangan pahlawan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Pak Eko.

Selanjutnya Pak Eko juga mengajak semua siswa untuk terus berusaha menjadi pribadi yang baik dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

“Kita harus punya keterpanggilan diri untuk berbuat sesuatu yang baik bagi bangsa ini. Misalnya, anak-anak sebagai pelajar teruslah belajar sejarah dan memaknainya dengan tindakan positif. Tanpa harus diwanti-wanti setiap hari. Buatlah karya yang punya nilai kontributif untuk bangsa. Sementara kita sebagai guru/pengajar mari terus membina dan membimbing anak-anak kita supaya terarah dan sukses menggapai cita-citanya,” ungkap Pak Eko.

Setelah itu, Bapak Dliwaul Umam, S.Pd memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai cerita yang sudah disampaikan oleh Bapak Eko Prasetyo Hidayat, S.Pd, Gr dan memberikan hadiah bagi yang sudah menjawab, tidak lupa juga Bapak Dliwaul Umam, S.Pd memberikan hadiah kepada siswa siswi yang memakai kostum terunik. Tidak hanya siswa, PTK SMK Muhammadiyah 1 Gresik juga diberikan hadiah untuk kostum terunik dan terbaik.

PTK SMK Muhammadiyah 1 Gresik sebagai kostum terunik

“Saya berharap setiap tahunnya bisa mengadakan acara seperti ini karna kita sebagai warga Indonesia patut memperingati hari pahlawan,dan agar semua warga sekolah SMK CoE- PK Muhammadiyah 1 Gresik bisa selalu mengenang jasa jasa pahlwan yang sudah gugur”. Ujar Bapak Mukromin Latif, S.Pd selaku kepala sekolah.

Spread the love
butuh Informasi? Chat kami