Home / Pendidikan

Jumat, 6 November 2020 - 08:34 WIB

MERIAHKAN BULAN BAHASA, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK MERAIH 3 KEJUARAAN

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, yang harus diutamakan penggunaannya. Dalam berbicara, bahasa adalah alat komunikasi yang penting, untuk mengerti maksud dan tujuannya, Berbahasa yang baik dan benar salah satu kunci sukses berkomunikasi. Bulan Oktober identik dengan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Alasan ditetapkannya bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut merujuk pada sejarah bangsa Indonesia.

Untuk memperingati Bulan Bahasa Indonesia, MGMP Bahasa Indonesia SMK se-Kabupaten Gresik mengadakan kompetisi Berbahasa Indonesia berbasis daring jenjang SMK se-Kabupaten Gresik dengan berbagai macam lomba yakni lomba puisi, anekdot lisan, berpidato dan mendongeng. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut antara lain untuk memperingati puncak peringatan Bulan Bahasa sekaligus Sumpah Pemuda, untuk menumbuhkan rasa cinta akan budaya bangsa serta sebagai ajang mengekspresikan diri siswa dalam mengembangkan talenta dan menyalurkan bakat yang dimiliki. Kompetisi tersebut diadakan secara daring sejak hari Jumat 16/10/2020 dengan batas waktu akhir upload hari Jumat 23/10/2020 dan di upload di channel youtube sekolah masing-masing.

SMK Muhammadiyah 1 Gresik telah menunjukkan kepeduliannya terhadap bahasa dan sastra dengan berantusias mengikuti kompetisi tersebut dengan mengirimkan perwakilan siswanya. Ditengah Pandemi Covid-19 ini, tidak menyurutkan semangat siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik meraih banyak prestasi. Dimana siswanya atas nama Fida Puspitasari Dewi kelas XI Kimia Industri meraih 2 juara yaitu juara 1 terbaik membaca puisi dan juara 2 favorit membaca puisi. Selain prestasi tersebut, siswa atas nama Ahmad Minan Nur Rohman juga meraih juara 2 favorit anekdot lisan. Kemarin Kamis 5/11/2020 pengambilan piala penghargaan untuk masing-masing juara.

 

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Gresik, Imam Syafi’ie, S.Ag menjelaskan bahwa pihaknya akan senantiasa memberikan dukungan dan support terutama untuk kemajuan dan perkembangan kemampuan peserta didik. Dirinya pun senantiasa memberikan dorongan agar siswanya mengembangkan jati dirinya serta meraih prestasi. Ia sangat memberikan apresiasi terhadap siswa yang berprestasi.

“Saya bangga dan siap membantu serta mensupport dalam segala prestasi siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik”, ungkapnya.

 

Filda Fuaida, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia SMK Muhammadiyah 1 Gresik mengaku siap mensupport siswa dalam meraih prestasi. Dia pun sudah melihat bahwa pada diri Fida dan Minan mempunyai kelebihan dibidang Bahasa. Dia pun memberikan dukungan penuh untuk mereka dalam mengikuti lomba ini. Sebelumnya diakuinya mereka juga telah beberapa kali ikut event tersebut. Maka, diapun terus berperan memberikan motivasi.”Kita sangat bangga dan akan terus memberikan dukungan,” ujarnya.

Sementara itu Fida Puspitasari Dewi dan Ahmad Minan Nur Rohman menceritakan kemampuannya dalam berbahasa yang pada akhirnya berkeinginan mengikuti kegiatan tersebut.  Pada saat itu, guru SMK Muhammadiyah 1 Gresik sangat berperan memberikan motivasi. Merekapun memberanikan diri ikut Lomba tersebut yang diadakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SMK se-Kabupaten Gresik. Mereka pun tak menyangka bisa mendapat Juara-juara tersebut.

“Kami sangat mengucap syukur serta ucapan terima kasih kepada kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Gresik serta Bapak/Ibu guru yang telah memberikan motivasi sekaligus  penyemangat hingga akhirnya bisa meraih prestasi ini,” tutupnya.  (Filda F)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

DIRIKAN CV MUTU AUDIO, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANJIR JOB

Kesiswaan

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)

Pendidikan

Kawasaki Goes To School Akhirnya Diresmikan

Pendidikan

Open Donasi Pakaian Bekas Layak Pakai, Senyum kita senyum mereka juga

Ismuba

Sholat Jumat Perdana di Masjid Al Ma’un Mojopurogede

Ketarunaan

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANGUN DESA, GOTONG-ROYONG BERSIHKAN LINGKUNGAN PEDESAAN

Pendidikan

SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK KOMPETENSI KEAHLIAN TPTU, LAKSANAKAN STUDY EKSKRUSI DENGAN CV RAMUNA

Pendidikan

Bantu cegah wabah COVID-19, SMK Muhammadiyah 1 Gresik Setrilkan jamaah dengan Handsanitizer