Home / Ketarunaan / Pendidikan

Senin, 10 Agustus 2020 - 09:08 WIB

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANGUN DESA, GOTONG-ROYONG BERSIHKAN LINGKUNGAN PEDESAAN

Gresik-  Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar memaksimalkan perannya dalam membangun di wilayah-wilayah pedesaan, sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Seperti yang dilakukan pelajar taruna SMK Muhammadiyah 1 Gresik yang bergotong royong membersihkan lingkungan desa Sukorejo Minggu, 09 Agustus 2020.

Mereka membersihkan balai desa beserta makam desa yang jaraknya tidak terlalu jauh. Pihak sekolah menyediakan kantong sampah dan mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah. “Sebagai langkah awal kita membangun desa dengan bergotong royong berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan desa. Insyaallah kedepannya kita akan membangun kopetensi di desa-desa tersebut dan sebenarnya potensi di desa-desa banyak, tapi ini belum tergarap. Jadi anak-anak SMK ini, kita kerahkan untuk itu, karena SMK tidak sekedar hanya tempat belajar, tetapi mereka juga terjun ikut terlibat menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan,” ujar Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Gresik Imam Syafi’ie S.Ag.

Hal itu sesuai dengan Inpres No. 9 Taun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemendikbud sudah banyak mendorong kegiatan seperti itu. “Jadi, kita juga ingin mendorong menyukseskan Inpres No. 9 Tahun 2016 tersebut. Maka dari itu sekarang  kita dorong SMK Muhammadiyah 1 Gresik Bangun Desa. Jadi bagaimana SMK itu berperan penting sebagai ujung tombak di pedesaan,” tegasnya.

Dengan adanya program SMK Muhammadiyah Membangun Desa ini, diharapkan juga bisa menjadi upaya membangun desa dengan kebersamaan melalui gotong-royong  dan membantu perekonomian masyarakat desa nantinya.

Ia menambahkan, dalam program ini siswa bisa dilibatkan selama 3 tahun, atau  lebih. Jadi setelah mereka selesai sekolah masih bisa terlibat di  program SMK Membangun Desa ini. “Ketika mereka masih belajar, itu termasuk di dalam kurikulum.  Implementasinya kurikulum disitu secara nyata” tutupnya.

 

Share :

Baca Juga

Pendidikan

PANDEMI COVID-19, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK LAKSANAKAN WISUDA VIRTUAL

Kesiswaan

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)

Pendidikan

SEMARAK HARI PAHLAWAN, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK GELAR BERBAGAI KEMERIAHAN

Kesiswaan

Latdastar (Latihan Dasar Ketarunaan) Ampuh Membentuk Karakter Siswa SMK MUTU Gresik

Informasi PPDB

LAKSANAKAN STUDY VISIT, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK DI KUNJUNGI SMP MUHAMMADIYAH 13 (HAMAS SCHOOL)

Pendidikan

SMK MUTU GRESIK DIRIKAN CV. SUHU ADEM

Pendidikan

MENINGKATKAN KESADARAN DAN PEDULI TERHADAP SESAMA, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BAGI-BAGI SEMBAKO DAN TAKJIL.

Pendidikan

MPLS SMK Muhammadiyah 1 Gresik 2019