Home / Ismuba / Kesiswaan

Selasa, 5 Mei 2020 - 12:49 WIB

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK KUMANDANGKAN DAKWAH DIGITAL UNTUK KAUM MILENIAL

Gresik – Dakwah di era digitalisasi ini diupayakan harus bisa dengan baik memanfaatkan media digital termasuk di dalamnya media baru dan media social. Saat ini masyarakat milenial cenderung bergantung pada media sosial terutama youtube sehingga menjadikan internet sebagai sumber kebutuhan pokok saat ini. Hal ini menjadi peluang karena adanya pandemic covid-19, maka dari itu kegiatan Pesantren Kilat Darul Arqam yang biasanya dilakukan secara offline sekarang dilaksanakan secara online. Dalam PKDA yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Gresik (Pesantren Kilat Darul Arqam) 1441 H dengan rincian kegiatan yaitu kajian islami yang ditayangkan secara online.

Dimulai sejak kemarin 4/05/2020 kegiatan tersebut dilaksanakan dan rencananya akan berlangsung selama tiga hari sampai tanggal 6/05/2020. Sebagai awal, pembuka dakwah digital dengan pemateri Drs. H. Amin Manan, M.M. (Pembina Majelis Dikdasmen PCM Bungah) bertema “aqidah dan akhlak”. Untuk hari kedua, dengan pemateri Ustadz Suhali, S.Ag.,M.Pd.I. (Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bungah) bertema “hikmah puasa”.  Ketiga, dengan pemateri Drs. H. Maftuh, M.Pd. (Ketua Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bungah) yang bertema “Janais”.

Ketua Tim media Dakwah Bapak Syah Agusdin Salim, S.Pd menyampaikan bahwa perlu diadakannya dakwah digital anak milenial untuk bekal keislamannya. “sebagai upaya dalam memberikan solusi islam terhadap problem kehidupan remaja mencakup seluruh aspek kehidupan manusia pemindahan dari situasi kebodohan kepada situasi keilmuan maka diperlukan suatu metode dakwah untuk meminimalisir problematika tersebut. Maka dakwah dikemas secara metode digital secara actual factual dan konstektual” tuturnya.

Terobosan seperti inilah yang mungkin harus dilakukan oleh tim PKDA di tengah pandemik covid-19 ini, selain menjadikan media sosial sebagai sarana penyampaian dakwah, juga harus berinovasi untuk membuat suatu aplikasi yang memberikan bimbingan ilmu agama secara intensif terhadap siswa sehingga siswa bisa memilah dan memilih  informasi tentang ilmu agama yang akan mereka pelajari dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. (Filda)

(https://www.youtube.com/results?search_query=smk+muhammadiyah+1+gresik)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Memperingati HUT RI ke 74, SMK Muhammadiyah 1 Gresik Gelar Class Meeting

Kesiswaan

Latdastar (Latihan Dasar Ketarunaan) Ampuh Membentuk Karakter Siswa SMK MUTU Gresik

Ismuba

Sholat Jumat Perdana di Masjid Al Ma’un Mojopurogede

Kesiswaan

Semarakkan HUT RI Ke-74, SMK MUTU Ikuti Jalan Sehat

Kesiswaan

SMK Muhammadiyah 1 Gresik Raih Juara Harapan 3 Lomba Gerak Jalan se-Kecamatan Bungah

Kesiswaan

Kelas KGTS SMK MUTU

Kesiswaan

Siswa SMK Mutu Jemput Bola Servis Jasa Layani Pelanggan

Kesiswaan

Semarakkan Pasar Rakyat UMKM, SMK Muhamadiyah 1 Gresik Tampilkan Permainan Baru