SMK Muhammadiyah 1 Gresik Laksanakan Kegiatan Wajib Yaitu Ketarunaan, Apasih Ketarunaan Itu?

Kremus Media

 Sekolah merupakan suatu bentuk organisasi yang mempunyai budaya tersendiri dari sistem yang utuh dan khas. Kekhasan budaya sekolah tidak lepas dari visi dan proses pendidikan yang berlangsung. Suatu sekolah dapat membentuk dan mengatur budaya yang ada, karena pembentukan dan manajemen budaya sekolah yang baik akan mendukung terciptanya sekolah yang efektif.

Ketarunaan merupakan salah satu budaya yang dapat diterapkan sekolah, Ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer. Berdasarkan pendapat tersebut, sekolah berbasis ketarunaan memiliki makna sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dasar militer. Prinsip yang diterapkan bukanlah militer murni akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer.

Senin-Jumat (17-21 Januari 2022) SMK Muhammadiyah 1 Gresik adakan Kegiatan Ketarunaan Bagi Kelas X seluruh Kompetensi Keahlian, Mulai Pukul 06.00-16.30 WIB Siswa-Siswi di ajak untuk Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang di bina oleh Taruna dan Taruni SMK Manbaul Ulum Kebomas Beserta Pembinanya, Selain itu juga di bimbing oleh Polsis SMK MUTU, Kegiatan ketarunaan itu adalah salahsatu pelatihan fisik dan mental siswa dengan cara pemberian latihan fisik seperti PBB, Push UP, Joging, dan beberapa kegiatan lainya seperti pemberian Materi dan pada akhir taruna terdapat kegiatan Pembaretan yang mewajibkan Wali Murid untuk hadir melaksanakan Prosesi Pembaretan.

“Tujuannya adalah untuk menanamkan karakter, khususnya karakter kedisiplinan dan pembentukan kepribadian yang baik pada peserta didik. Pelaksanaannya mampu mencegah dan mengatasi penyimpangan pada kepribadian anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik. Sekolah dengan basis ketarunaan dalam kesehariannya, secara fisik memiliki ciri tersendiri,” Ujar Bapak Mukromin Latief S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Gresik dalam Pelaksanaan Apel Pembaretan.

“Setiap lembaga pendidikan harus ada ruh bela negara di dalamya. Tidak hanya penguatan di bidang karakter tapi juga harus bela negara. Bela negara harus terbangun dalam profesi apapun, kapanpun, dan di manapun.” Tambahnya.

Spread the love

Komentar ditutup.

butuh Informasi? Chat kami