SMK Muhammadiyah 1 Gresik Launching Kompetensi Keahlian Broadcasting & Produksi Film, Ini Profilnya!

Kremus Media

SMK Muhammadiyah 1 Gresik Jurusan Broadcasting dan Film adalah jurusan baru yang mempelajari tentang proses produksi sekaligus tata cara melakukan siaran atau penyiaran. Selain itu ada pembekalan ilmu dalam pembuatan film, dari mulai penyusunan naskah, eksekusi atau proses syuting, dan editing sampai bisa tayang.

SMK Muhammadiyah 1 Gresik telah melaunching Kompetensi Keahlian Broadcasting & Produksi Film sejak 31 Maret 2022 pada Final MUTU CUP IV.

Produksi film terkait dengan proses kegiatan untuk membuat/ memproduksi film sesuai dengan tahapan-tahapan produksi film. Tahapan ini terdiri dari tahapan pra-produksi, tahapan produksi dan tahapan pasca-produksi. Prosedur baku ini merupakan standar standar pembuatan film, yang diakomodasikan melalui pembelajaran di sekolah kejuruan. Produksi film di sekolah kejuruan diharapkan dapat mendukung perkembangan industri kreatif di dalam negeri dapat berkembang dengan baik dan didukung sumber daya manusia yang kompetitif di tingkat global, sejalan dengan pengembangan salah satu sektor prioritas pemerintah. Atas dasar tersebut, serta surat dari Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia no. 3160/IS.3/PF/2018, serta spektrum SMK dalam Perdirjen dikdasmen kemdikbud no 06/D.05/2018, mulai tahun pelajaran 2018-2019, SMK Muhammadiyah 1 Gresik mendapatkan kepercayaan untuk membuka kompetensi keahlian baru, yakni Kompetensi Keahlian Broadcasting dan perFilman.

Dalam Jurusan Broadcasting & Produksi Film nantinya akan Belajar untuk Membuat Produksi Film, Pembuatan naskah skenario, Memilih Crew Produksi, Melakukan Proses Casting, Melaksanakan Tata Artistik, Menerapkan Scenic Art untuk Screen, Menggunakan Peralatan Tata Cahaya, Menggunakan Peralatan Audio, Mengoperasikan Kamera Foto, Mengoperasikan Kamera Video, Merancang Kordinasi Produksi Program/Acara TV, Melakukan Penyutradaraan pada produksi program/Acara TV, Memahami Proses Produksi, Mengoperasikan Mesin Editing, dsb dalam jurusan Broadcasting & Produksi FIlm.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Gresik Bapak Mukromin Latief S.Pd Selaku Kepala Sekolah menyampaikan:

Untuk menyiapkan tamatan terampil di bidang Broadcasting, Produksi Film, Penyiaran Televisi dan Radio, Editing, skenario  produksi acara dan entertainment. Di dalam broadcasting sendiri sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja namun di broadcasting mempelajari praktik bagaimana membuat sebuah tayangan/konten yang menarik dan enak dilihat atau didengar.
Spread the love

Satu pemikiran pada “SMK Muhammadiyah 1 Gresik Launching Kompetensi Keahlian Broadcasting & Produksi Film, Ini Profilnya!”

Tinggalkan komentar

butuh Informasi? Chat kami