Home / Pendidikan

Jumat, 16 Oktober 2020 - 10:32 WIB

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK MENJADI PUSAT KEUNGGULAN CoE (Center of Excellence)

SMK Muhammadiyah 1 Gresik menerima program sekolah center of excellent (CoE). Program tersebut, merupakan program terbaru yang dicanangkan oleh pemerintah pusat  kepada Dinas Kependidikan dan kebudayaan (Dispendikbud). Program ini merupakan perpaduan antara Dunia Industi dan Dunia Kerja (IDUKA) serta SMK berubah menjadi pendidikan Vokasi yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1 dan lulusan vokasi nantinya akan mendapatkan gelar vokasi atau gelar ahli madya. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Pusat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kejuruan dan dapat berdaya saing lebih baik.

Kemarin, Senin 12/10/2020 hingga hari Rabu 14/10/2020 SMK Muhammadiyah 1 Gresik melaksanakan workshop sosialisasi dan pendampingan penyusunan dokumen pembelajaran pada SMK CoE. Berlangsung selama 3 hari dengan pendamping Pusat SMK CoE pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Drs. Totok Tri Wibowo, M.M. dengan menjadi sekolah CoE kedepannya SMK Muhammadiyah 1 Gresik harus mampu menjadi pusat training serta dapat menghasilkan produk barang dan jasa yang dapat diserap di industri atau pasar langsung. Untuk itu perlu adanya kerjasama dengan dunia industri dan dunia kerja baik dalam penyelarasan kurikulum guru tamu dari IDUKA, tempat magang guru dan tempat praktek siswa serta menyerap lulusan oleh IDUKA agar tujuan dari CoE dapat tercapai dengan sukses. “ tujuan pendidikan kejuruan yaitu menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi” ujarnya.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Gresik Imam Syafi’ie S.Ag menjelaskan penunjukan sekolahnya sebagai pusat keunggulan atau CoE diharapkan bisa meningkatkan dan mempercepat kapasitas guru dan pembelajaran siswa SMK. “Ini tugas sangat bagus bagi sekolah kami dalam melaksanakan program tersebut, penunjukan kami sebagai pusat keunggulan atau COE diharapkan sekolah kami ada peningkatan dan progress yang bagus dari berbagai aspek,” jelasnya saat workshop sosialisasi dan penyusunan dokumen pembelajaran SMK Center of Excellence (CoE) di RPS TKR SMK Muhammadiyah 1 Gresik.

Selain workshop sosialisasi dan penyusunan dokumen pembelajaran, kegiatan SMK yang ditunjuk menjadi pusat keunggulan atau Center of Excellence (CoE) diantaranya workshop penguatan pembelajaran dan verifikasi penjaminan mutu SMK CoE, pelaksanaan pembelajaran pada SMK CoE, serta workshop evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada SMK CoE. (Filda F)

Share :

Baca Juga

Informasi PPDB

PEDULI WABAH CORONA, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BAGIKAN 1000 MASKER GRATIS DI HARI MILADNYA

Kesiswaan

KUMPULKAN DONASI, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK SEMANGAT BERJUALAN BAJU BEKAS LAYAK PAKAI

Informasi PPDB

LAKSANAKAN STUDY VISIT, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK DI KUNJUNGI SMP MUHAMMADIYAH 13 (HAMAS SCHOOL)

Pendidikan

PUTUS PENYEBARAN CORONA! SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANTU SEMPROTKAN DISINFEKTAN DI MASJID-MASJID

Pendidikan

SISWI SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK RILIS BUKU “SEKOLAH IMPIAN”

Pendidikan

SEMARAK HARI PAHLAWAN, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK GELAR BERBAGAI KEMERIAHAN

Kesiswaan

PELAKSANAAN PAT DI TENGAH PANDEMI, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK GELAR UJIAN ONLINE

Ismuba

Sholat Jumat Perdana di Masjid Al Ma’un Mojopurogede