Home / Pendidikan / Teknologi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 17:30 WIB

SMK MUTU GRESIK DIRIKAN CV. SUHU ADEM

Pada hari Kamis 29 Oktober 2020, SMK Muhammadiyah 1 Gresik melaksanakan Launcing Teaching Factory dan Pembelajaran Industri 5.0.  Teaching Factory (TEFA) merupakan salah satu model pengembangan pembelajaran yang berbasis produksi barang / jasa. Model pembelajaran ini bertujuan untuk menambah bekal para peserta didik dengan karakter kewirausahaan (technopreneurship) dan melibatkan dunia usaha atau industri sebagai mitra utama. Sehingga lulusan SMK Muhammadiyah 1 Gresik yang akan melanjutkan ke dunia kerja akan lebih siap.

Setelah hampir setengah bulan persiapan pembelajaran dengan metode Teaching Factory, maka mulai diadakan pelaksanaan Teaching Factory yang dilakukan pada kelas X, XI, XII Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) dengan menggunakan sistem blok. Sistem ini memungkinkan pelaksanaan praktik pembelajaran mendapatkan porsi waktu penuh .

Pelaksanaan pelayanan dan jasa tersebut yaitu Cleaning AC, bongkar pasang AC, reparasi AC, dan Service Refrigerator. Pelaksanaan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan sistem Teaching Factory kepada peserta didik, sistem yang menuntut praktik penuh ini diharapkan mampu mempersiapkan peserta didik menjadi siap kerja dengan membawa hard skill maupun soft skill yang sudah terasah di sekolah.

Kepala sekolah SMK Mutu Gresik Imam Syafi’ie S.Ag menjelaskan, dengan program TEFA, SMK Muhammadiyah 1 Gresik akan mendongkrak efisiensi dan efektivitas pengantaran soft skill dan hard skill pada siswa. Kolaborasi antara sekolah dengan dunia usaha serta industri, juga akan menambah keselarasan dan penyesuaian kurikulum, penyediaan infrastruktur, alih pengetahuan teknologi, internalisasi standart, dan budaya kerja serta industri. Sudah bisa dipastikan siswa kami memiliki kompetisi lulusan yang siap bersaing, karena siswa punya jasa produksi, ujarnya.

Dengan diaplikasikannya Teching Factory pada SMK Muhammadiyah 1 Gresik diharapkan mampu menyiapkan siswa untuk tangguh dalam persaingan dunia kerja pada saat ini dan mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja pada umumnya. Penjaminan langsung bekerja lulusan TPTU SMK Mutu Gresik 100% masuk oleh CV. Ramuna.  (Filda)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK IKHTIYAR JAGA KEKHUSYU’AN BULAN RAMADHAN

Pendidikan

PUTUS PENYEBARAN CORONA! SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BANTU SEMPROTKAN DISINFEKTAN DI MASJID-MASJID

Pendidikan

MPLS SMK Muhammadiyah 1 Gresik 2019

Pendidikan

LEBARKAN SAYAP, TAV MUTU AUDIO IKUT BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN FORTASI DARING SEKOLAH

Pendidikan

SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK MENJADI PUSAT KEUNGGULAN CoE (Center of Excellence)

Kesiswaan

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)

Informasi PPDB

RAYAKAN MILAD KE-25, SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK BAGIKAN 1000 MASKER GRATIS
smkmutu

Pendidikan

Di Tengah Acara Api Unggun Muncul Kejutan Kue Ulang Tahun Milad