Yuk Intip Keseruan Peringatan Hari Guru di SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik!

Kremus Media

Kremus_Media. Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, peringatan ini sebagai bentuk mengenang, menghargai, dan mengapresiasi jasa para guru di Indonesia, Sejarah Hari Guru Nasional tak lepas dari perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam mengupayakan pendidikan untuk masyarakat sejak zaman kolonial Belanda, Pemerintah memutuskan dalam Keputusan Nya Nomor 78 Tahun 1994 pada 25 November untuk memperingati Hari Guru Nasional.

Kamis, (25 November 2021) SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik melaksanakan suatu acara untuk memperingati Hari Guru Nasional, acara tersebut dihadiri oleh seluruh PTK dan Siswa-Siswi dan dilaksanakan di Lapangan SMK MUTU pada Pukul 07.00-selesai, adapun isi acara tersebut dimulai dengan sambutan dari ketua IPM dan MPK, sambutan dari Kepala Sekolah SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik yakni Bapak Mukromin Latief S.Pd serta Peniupan lilin, pembacaan Puisi dan Salam-Salaman Perminta-maaf an antara Siswa dan PTK SMK MUTU.

Proses pendidikan merupakan sebuah nilai dari orang dewasa yang dianggap mampu untuk memberikan sebuah nilai kepada orang lain. Dalam sejarahnya, peranan guru dari masa penjajahan hingga kemerdekaan begitu penting pada berbagai situasi dan kondisi. Guru juga tidak hanya memiliki peran untuk mendidik siswa di sekolah, tapi juga menjadi acuan untuk para siswanya, “Guru adalah pribadi yang sangat berjasa dalam menuntun seseorang sejak masa kecil sampai ¬†usia sekolah agar terbebas dari kebodohan. Guru mengajar dan mendidik sampai siswanya menjadi mengerti dan memahami hal-hal yang sebelumnya diketahui, Guru bukan sekedar mengajar melainkan berusaha memanusiakan seseorang agar benar – benar menjadi manusia yang cerdas, berakhlak dan sukses,” ujar Bapak Mukromin Latief S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

Guru sering dijadikan objek kemarahan oleh siswa dan bahkan orang tua siswa. Sebagai guru, kebanyakan tetap sabar dan bahkan masih tetap bertahan untuk terus menjadi seorang pendidik yang baik, walaupun sering mendapat penolakan dari siswa yang sedang diajar. Guru tidak kenal menyerah dengan keadaan, “tidak heran bila seorang guru mesti mempunyai pribadi yang baik dan dapat menjadi contoh untuk mencapai tujuan generasi muda yang lebih tanggap, mandiri, dan mampu bersaing. Guru juga sering dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, karena peranannya dalam mencerdaskan anak bangsa. Juga terdapat perjuangan panjang harus diberikan penghargaan setimpal untuk keberlangsungan para guru. Karena peran guru sangat penting bagi Siswa,” ungkap Akmalul Kholizin Selaku Siswa SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik.

SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik juga adakan Lomba Video Tik-Tok bertemakan Hari Guru bagi Siswa, adapun persyaratanya yaitu Video Tersebut harus ditujukan kepada salah satu Guru di SMK CoE-PK Muhammadiyah 1 Gresik, info lebih lanjut bisa di cek di Official Instagram @smkmutugresik.

Spread the love

Tinggalkan komentar

butuh Informasi? Chat kami